Pengaruh Penerapan Metode Teka Teki Silang Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SD Negeri No 141 Inpres Pa’rappunganta II Kecamatan Polut Kabupaten Takalar

Rahmayanti (2023) Pengaruh Penerapan Metode Teka Teki Silang Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SD Negeri No 141 Inpres Pa’rappunganta II Kecamatan Polut Kabupaten Takalar.

[img] Text
ARTIKEL RAHMAYANTI 1747040041.pdf

Download (705kB)

Abstract

Rahmayanti, 2021. Pengaruh Penerapan Metode Teka Teki Silang Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SD Negeri No 141 Inpres Pa’rappunganta II Kecamatan Polut Kabupaten Takalar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Hj. Nurhaedah, S.Pd., M.Hum dan Hamzah Pagarra, S.Kom., M.Pd) Permasalahan dalam penelitian ini ialah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas III. Adapun rumusan masalah yang dikaji adalah (1) Bagaimanakah gambaran penerapan metode teka teki silang pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas III, (2) Bagaimanakah hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas III, (3) Apakah terdapat pengaruh penerapan metode teka teki silang terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas III SD Negeri No. 141 Inpres Pa’rappunganta II Kecamatan Polut Kabupaten Takalar. Tujuan penelitian ini yaitu: untuk mengetahui gambaran penerapan metode teka teki silang pada pembelajaran bahasa Indonesia, hasil belajar bahasa Indonesia dan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode teka teki silang terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas III SD Negeri No. 141 Inpres Pa’rappunganta II Kecamatan Polut Kabupaten Takalar. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel independen yaitu penerapan metode teka teki silang dan dependen yaitu hasil belajar siswa. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN No 141 Inpers Pa’rappunganta II dengan sampel 22 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu tehnik sampling purposive. Teknik dan prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang di gunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik infrensial. Hasil hipotesis statistik inferensial kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 0,049 < 0,05 yang artinya ada perbedaan yang signifikan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberikan treatment. Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh penerapan metode teka teki silang terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas III SDN No 141 Inpres Pa’Rappunganta II Kecamatan Polut Kabupaten Takalar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Jul 2023 07:44
Last Modified: 31 Jul 2023 07:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33255

Actions (login required)

View Item View Item