Penerapan Metode Reading Aloud Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD Negeri 151 Timbula Kabupaten Bulukumba

Siti Wardina (2023) Penerapan Metode Reading Aloud Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD Negeri 151 Timbula Kabupaten Bulukumba.

[img] Text
artikel SITI WARDINA 1747040043..pdf

Download (686kB)

Abstract

Siti Wardina, 2021. Penerapan Metode Reading Aloud Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD Negeri 151 Timbula Kabupaten Bulukumba. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (Dibimbing oleh Nurhaedah, S.Pd, M.Hum. dan Hamzah Pagarra, S.Kom, M.Pd.). Penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan Metode Rading Aloud untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III SD negeri 151 Timbula Kabupaten Bulukumba. Fokus penelitian ini adalah metode Reading Aloud dan hasil belajar. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan seluruh siswa yang berjumlah 16 orang pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Hasil yang dicapai pada siklus I yaitu berada pada kategori kurang dan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu berada pada kategori baik. berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode reading aloud dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 151 Timbula Kabupaten Bulukumba.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Jul 2023 07:33
Last Modified: 31 Jul 2023 07:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33254

Actions (login required)

View Item View Item