Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran Whole Language Tipe Reading Aloud Cerita Fabel Terhadap Literasi Bahasa Indonesia Siswa Kelas II SD.

Elma Yunita (2023) Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran Whole Language Tipe Reading Aloud Cerita Fabel Terhadap Literasi Bahasa Indonesia Siswa Kelas II SD.

[img] Text
SKRIPSI_ELMA YUNITA_PGSD2017_1747041008.pdf

Download (7MB)

Abstract

Elma Yunita, 2021. Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran Whole Language Tipe Reading Aloud Cerita Fabel Terhadap Literasi Bahasa Indonesia Siswa Kelas II SD. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Andi Makkasau dan Siti Raihan) Penelitian ini merupakan penelitian jenis quasi eksperimen yang dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan literasi bahasa Indonesia siswa kelas II SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan pendekatan whole language tipe reading aloud di kelas II SD, untuk mengetahui kemampuan literasi bahasa Indonesia siswa kelas II SD, dan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran whole language tipe reading aloud terhadap literasi bahasa Indonensia siswa kelas II SD. Desain penelitian yang digunakan yaitu Non-equivalent control grup design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan pendekatan pembelajaran whole language tipe reading aloud, sedangkan variabel terikatnya adalah literasi bahasa Indonesia siswa pada materi pokok cerita fabel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II UPT SPF SDN 160 Tarampang berjumlah dua kelas sebanyak 28 orang siswa, sedangkan sampel yang digunakan ditentukan berdasarkan tekhnik purposive sampling dan ditetapkan bahwa kelas kontrol yaitu kelas II A sebanyak 14 siswa dan kelas II B sebagai kelas eksperimen sebanyak 14 siswa. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes keterampilan literasi bahasa Indonesia pada materi cerita fabel berupa pre-test dan post-test. Tekhnik analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistika inferensial diperoleh hasil 0.010 lebih kecil dari Sig < 0.05. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran whole language tipe reading aloud cerita fabel terhadap literasi bahasa Indonesia siswa kelas II SD.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Jul 2023 07:08
Last Modified: 31 Jul 2023 07:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33251

Actions (login required)

View Item View Item