Pengaruh Penggunaan Media Vipe (Video Pembelajaran) Materi Perubahan Lingkungan terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 35 Tajuncu Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng.

Kurniaty Rahman (2023) Pengaruh Penggunaan Media Vipe (Video Pembelajaran) Materi Perubahan Lingkungan terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 35 Tajuncu Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng.

[img] Text
PJE_KURNIATY RAHMAN.docx

Download (62kB)

Abstract

Kurniaty Rahman, 2021. Pengaruh Penggunaan Media Vipe (Video Pembelajaran) Materi Perubahan Lingkungan terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 35 Tajuncu Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Dr.Erma Suryani Sahabuddin,M.Si dan Dr.Andi Makkasau,M.Si) Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui gambaran penggunaan media VIPE dalam materi perubahan lingkungan, gambaran hasil belajar IPA siswa dan apakah terdapat pengaruh penggunaan media VIPE Materi Perubahan Lingkungan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 35 Tajuncu Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media VIPE (Video Pembelajaran) dan Variabel terikatnya ialah hasil belajar IPA. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperimental. dengan rencana penelitian Noneequivalent Control Group Design. Faktor dari eksplorasi ini adalah media VIPE (Video Pembelajaran) dan hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5 SDN 35 Tajuncu, sampelanya kelas Va berjumlah 14 siswa dan Vb berjumlah 14 siswa. Metode pengumpukan data adalah tes, observasi dan dokumentasi. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar IPA pada berupa pretest dan post tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji hipotesis menggunakan independent sample T-test. Berdasarkan hasil analisis statistic inferensial diperoleh nilai P = 0,000 lebih kecil dari nilai α = 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media VIPE (Video Pembelajaran) materi Perubahan Lingkungan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 35 Tajuncu Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Jul 2023 07:03
Last Modified: 31 Jul 2023 07:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33250

Actions (login required)

View Item View Item