Hubungan Pengelolaan Kelas dan Lingkungan Sekolah dengan Minat Belajar Peserta Didik Kelas V SD Gugus I Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa

Sitti Ainun Amalia Ripai (2023) Hubungan Pengelolaan Kelas dan Lingkungan Sekolah dengan Minat Belajar Peserta Didik Kelas V SD Gugus I Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa.

[img] Text
ARTIKEL_SITTI AINUN AMALIA RIPAI_UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR .pdf

Download (760kB)

Abstract

Sitti Ainun Amalia Ripai, 2021. Hubungan Pengelolaan Kelas dan Lingkungan Sekolah dengan Minat Belajar Peserta Didik Kelas V SD Gugus I Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar, “dibimbing oleh Patta Bundu dan Amrah”. Permasalahan dalam penelitian adalah minat belajar peserta didik yang kurang serta perhatian terhadap pembelajaran dan lingkungan sekolah yang tidak ditata dan dikelola dengan baik contohnya toilet hanya ada satu tidak ada pemisah antara peserta didik perempuan dan peserta didik laki-laki, serta pengaturan kelas kurang pencahayaan. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui gambaran pengelolaan kelas, lingkungan sekolah, minat belajar serta mengetahui hubungan pengelolaan kelas dan lingkungan sekolah dengan minat belajar peserta didik kelas V SD di gugus 1 kecamatan Pallangga kabupaten Gowa. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif dengan model korelasional untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara dua atau lebih variabel tanpa memberikan perlakuan pada variabel tersebut. Variabel X1 dalam penelitian ini adalah pengelolaan kelas sedangkan variabel X2 yaitu lingkungan sekolah dan variabel Y yaitu Minat Belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah sekolah yang ada pada Gugus I Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa pada tahun pelajaran 2020-2021 berjumlah 5 sekolah yang diteliti dengan jumlah siswa secara keseluruhan yaitu 315. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 176 peserta didik, data hasil penelitian diperoleh melalui angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran pengelolaan kelas, lingkungan sekolah, dan minat belajar peserta didik berada pada kategori tinggi serta terdapat hubungan positif atau signifikan antara pengelolaan kelas dan lingkungan sekolah dengan minat belajar peserta didik sehingga hipotesis penelitian diterima.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Jul 2023 06:58
Last Modified: 31 Jul 2023 06:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33249

Actions (login required)

View Item View Item