Penerapan Pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI�A SD Inpres Mallengkeri Bertingkat Makassar

Munawwarah H.A (2023) Penerapan Pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI�A SD Inpres Mallengkeri Bertingkat Makassar.

[img] Text
Jurnal Munawwarah 1747042006.pdf

Download (560kB)

Abstract

Munawwarah H.A, 2021. Penerapan Pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI�A SD Inpres Mallengkeri Bertingkat Makassar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Dr. Andi Makkasau, M.Si. dan Dr. Erma Suryani Sahabuddin, M.Si.) Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA pada siswa kelas VI-A SD Inpres Mallengkeri Bertingkat Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana penerapan pendekatan SAVI untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan SAVI untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VI-A SD Inpres Mallengkeri Bertingkat Makassar dengan subjek penelitian adalah guru dan siswa yang berjumlah 19 orang. Fokus dalam penelitian ini adalah penerapan pendekatan SAVI dan hasil belajar IPA siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA pada siswa setelah diterapkan pendekatan SAVI dalam pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari tes hasil yang diberikan. Jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar pada siklus I berada pada kategori cukup karena guru belum mengimplementasikan langkah-langkah pembelajaran secara optimal. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar berada pada kategori baik. Hal ini dipacu oleh refleksi yang dilakukan oleh guru pada siklus I dan implementasi terhadap rencana pembelajaran sudah sangat optimal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan SAVI dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas VI-A SD Inpres Mallengkeri Bertingkat Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Jul 2023 06:54
Last Modified: 31 Jul 2023 06:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33248

Actions (login required)

View Item View Item