Pengembangan Video Pembelajaran Storytelling Dongeng Anak Nusantara Berbasis Literasi Bahasa untuk Pembelajaran Daring Siswa Kelas II SD.

Meganita (2023) Pengembangan Video Pembelajaran Storytelling Dongeng Anak Nusantara Berbasis Literasi Bahasa untuk Pembelajaran Daring Siswa Kelas II SD.

[img] Text
PGSD_MEGANITA_1747041049_ARTIKEL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Meganita, 2021. Pengembangan Video Pembelajaran Storytelling Dongeng Anak Nusantara Berbasis Literasi Bahasa untuk Pembelajaran Daring Siswa Kelas II SD. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Ahmad Syawaluddin, S.Kom M.Pd dan Siti Raihan, S.Pd M.Pd). Pengembangan video pembelajaran storytelling dongeng anak nusantara berbasis literasi bahasa untuk pembelajaran daring siswa kelas II SD Telkom Makassar dilatarbelakangi oleh permasalahan siswa yakni kemampuan literasi siswa kelas II SD Telkom Makassar memiliki kemampuan literasi rendah, khususnya pada keterampilan menyimak. Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi awal yang telah dilakukan. Sehingga perlu adanya inovasi media pembelajaran yang dapat digunakan siswa guna mendukung pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Instrumen pada penelitian ini menggunakan angket yang ditujukan kepada ahli media dan ahli materi untuk menilai kevalidan produk, serta ditujukan kepada siswa dan guru untuk menilai kelayakan produk. Untuk menghasilkan produk video pembelajaran storytelling dongeng anak nusantara berbasis literasi bahasa terdiri atas 5 tahap sesuai dengan tahapan model ADDIE. Hasil validasi pertama ahli media memperoleh skor 49 dengan skor maksimal adalah 75, maka persentasenya 65,3% termasuk ke dalam kriteria valid. Validasi kedua ahli media memperoleh skor secara keseluruhan sebanyak 67 dengan skor maksimal adalah 75, maka persentasenya 89,3% termasuk ke dalam kriteria sangat valid. Untuk hasil validasi pertama memperoleh skor secara keseluruhan sebanyak 51 dengan skor maksimal adalah 75, maka persentasenya 68% termasuk ke dalam kriteria valid. Validasi kedua ahli materi memperoleh skor secara keseluruhan sebanyak 68 dengan skor maksimal adalah 75, maka persentasenya 90,6% termasuk ke dalam kriteria sangat valid. Selanjutnya hasil uji coba kelompok kecil memperoleh skor secara keseluruhan sebanyak 468 dengan skor maksimal adalah 500, maka persentasenya 93,6% termasuk ke dalam kriteria sangat layak. Hasil uji coba kelompok besar memperoleh skor secara keseluruhan sebanyak 945 dengan skor maksimal adalah 1000, maka persentasenya 94,5% termasuk ke dalam kriteria sangat layak. Kemudian untuk penilaian wali kelas 2A memperoleh skor secara keseluruhan sebanyak 46 dengan skor maksimal adalah 50, maka persentasenya 92% termasuk ke dalam kriteria sangat layak. Untuk penilaian wali kelas 2B memperoleh skor secara keseluruhan sebanyak 46 dengan skor maksimal adalah 50, maka persentasenya 90% termasuk ke dalam kriteria sangat layak

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Jul 2023 06:40
Last Modified: 31 Jul 2023 06:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33245

Actions (login required)

View Item View Item