Pengaruh Pemberian Penguatan Verbal Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Tinggi SDI No.122 Tamanroya Kecamatan Tamalatea Kabupaten Jeneponto

Sri Mellyani (2023) Pengaruh Pemberian Penguatan Verbal Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Tinggi SDI No.122 Tamanroya Kecamatan Tamalatea Kabupaten Jeneponto.

[img] Text
Artikel_Sri Mellyani_Universitas Negeri Makassar.pdf

Download (716kB)

Abstract

Sri Mellyani 2021, Pengaruh Pemberian Penguatan Verbal Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Tinggi SDI No.122 Tamanroya Kecamatan Tamalatea Kabupaten Jeneponto. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar, (dibimbing oleh Dr. Muh. Faisal, M.Pd. dan Drs. Latri, S.Pd.,M.Pd). Penelitian ini menelaah pemberian penguatan verbal dan motivasi belajar siswa kelas tinggi. Adapun rumusan masalah yang dikaji adalah (1) bagaimana gambaran pemberian penguatan verbal pada kelas tinggi di SDI No.122 Tamanroya Kecamatan Tamalatea Kabupaten Jeneponto (2) bagaimana gambaran motivasi belajar siswa kelas tinggi di SDI No.122 Tamanroya Kecamatan Tamalatea Kabupaten Jeneponto (3) apakah terdapat pengaruh pemberian penguatan verbal terhadap motivasi belajar siswa kelas tinggi SDI No.122 Tamanroya Kecamatan Tamalatea Kabupaten Jeneponto. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran pemberian penguatan verbal siswa kelas tinggi, gambaran motivasi belajar siswa kelas tinggi, dan untuk mengetahui pengaruh pemberian penguatan verbal terhadap motivasi belajar siswa kelas tinggi SDI No.122 Tamanroya Kecamatan Tamalatea Kabupaten Jeneponto. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah causal comparative research. Variabel penelitian ini terdiri atas dua yaitu variabel penguatan verbal dan variabel motivasi belajar siswa kelas tinggi. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas tinggi SDI No.122 Tamanroya sebanyak 140 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik Proporsional Random Sampling, sampel yang diambil dari populasi harus mewakili, sehingga memperoleh sampel sebanyak 100 siswa. Teknik dan prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian penguatan verbal siswa kelas tinggi dengan kategori sangat baik, dan diketahui bahwa motivasi belajar siswa berada pada kategori sangat baik serta ada pengaruh yang signifikan antara pemberian penguatan verbal terhadap motivasi belajar siswa kelas tinggi SDI No.122 Tamanroya Kecamatan Tamalatea Kabupaten Jeneponto.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Jul 2023 06:28
Last Modified: 31 Jul 2023 06:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33244

Actions (login required)

View Item View Item