Pengaruh Aplikasi WhatsApp terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V SD Inpres Sero’ Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa dalam Masa Penyebaran Virus Covid-19.

Juliana Prihati Ningrum (2023) Pengaruh Aplikasi WhatsApp terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V SD Inpres Sero’ Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa dalam Masa Penyebaran Virus Covid-19.

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH SKRIPSI JULIANA PRIHATI NINGRUM.pdf

Download (595kB)

Abstract

Juliana Prihati Ningrum, 2020. Pengaruh Aplikasi WhatsApp terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V SD Inpres Sero’ Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa dalam Masa Penyebaran Virus Covid-19. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Nur Abidah Idrus, S.Pd., M.Pd dan Dr. H. Syamsuddin, M.Si). Penelitian ini adalah penelitian survey yang mengkaji tentang pengaruh aplikasi WhatsApp terhadap minat belajar siswa menggunakan aplikasi WhatsApp selama masa penyebaran virus Covid-19. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui gambaran pemanfaatan aplikasi WhatsApp (2) untuk mengetahui gambaran minat belajar siswa dalam masa penyebaran virus Covid-19 (3) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pemanfaatan aplikasi WhatsApp terhadap minat belajar siswa kelas V SD Inpres Sero Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa dalam masa penyebaran virus Covid-9. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas dan analisis hasil survey. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas V dengan jumlah siswa 62 orang. Dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Total Sampling. Teknik pengumpulan data pada penlitian ini menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan rendahnya minat belajar siswa menggunakan aplikasi WhatsApp. Hal tersebut dibuktikan dengan survey minat belajar yang memperoleh hasil presentase 45% yang merasa senang menggunakan aplikasi WhatsApp dan 55% lainnya tidak senang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi WhatsApp menyebabkan rendahnya minat belajar siswa kelas V SD Inpres Sero Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Namun merupakan solusi terbaik dalam upaya memotivasi minat belajar dan memutus mata rantai virus Covid-19.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Jul 2023 03:37
Last Modified: 31 Jul 2023 03:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33241

Actions (login required)

View Item View Item