Nur Indah Ayu Lestari Basyir (2023) Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD Inpres Minasa Upa I Kota Makassar.
Text
ARTIKEL NUR INDAH AYU LESTARI BASYIR.pdf Download (179kB) |
Abstract
Nur Indah Ayu Lestari Basyir, 2020, Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD Inpres Minasa Upa I Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Pembimbing I Dra. Hj. Johara Nonci, M.Si dan Pembimbing II Dr. Syamsuddin, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran matematika siswa kelas V SD Inpres Minasa Upa I Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika siswa kelas V SD Inpres Minasa Upa I Kota Makassar.. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Inpres Minasa Upa I Kota Makassar sebanyak 27 orang yang terdiri dari 13 laki-laki dan 14 perempuan. Dalam penelitian ini, peneliti bertindak sebagai pengajar dan guru wali kelas sebagai observer. Teknik analisis data adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I berada pada kategori cukup (C), sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik (B). Hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup (C) dan siklus II berada pada kategori baik (B). Hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan ketuntasan belajar siklus I pada kategori kurang (K) sedangkan siklus II pencapaian ketuntasan berada pada kategori baik (B). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Quantum teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika SD Inpres Minasa Upa I Kota Makassar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 31 Jul 2023 03:17 |
Last Modified: | 31 Jul 2023 03:17 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33238 |
Actions (login required)
View Item |