Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SDN 75 Malewang Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros

Dewi Hartini (2023) Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SDN 75 Malewang Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros.

[img] Text
ARTIKEL DEWI HARTINI.pdf

Download (512kB)

Abstract

Dewi Hartini, 2020. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SDN 75 Malewang Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros. Skripsi. Dibimbing oleh dosen Dr.Erma Suryani Sahabuddin, M. Si. Dan Nur Abidah Idrus, S. Pd., M. Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Adapun rumusan masalahnya bagaimanakah penerapan model Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 75 Malewang Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 75 Malewang Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Discovery Learning dan hasil belajar siswa. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 75 Malewang Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 15 orang. Pengumpulan data menggunakan format observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa. Kesimpulan penelitian ini yaitu aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa terjadi peningkatan. Hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa sudah meningkat berada pada kategori baik dan penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 75 Malewang Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Jul 2023 03:03
Last Modified: 31 Jul 2023 03:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33237

Actions (login required)

View Item View Item