Winda Afrilawati (2023) Pengaruh Media Sosial Terhadap Kreativitas Siswa SD Negeri Kompleks IKIP Kota Makassar.
Text
JURNAL-WINDA AFRILAWATI-1647042064-pgsd fip unm.pdf Download (364kB) |
Abstract
Winda Afrilawati, 2020. Pengaruh Media Sosial Terhadap Kreativitas Siswa SD Negeri Kompleks IKIP Kota Makassar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (Dibimbing oleh Dr. Muh. Faisal, M.Pd dan Hikmawati Usman, S.Pd., M.Pd) Penelitian ini mengkaji mengenai pengaruh media sosial terhadap kreativitas siswa SD Negeri Kompleks IKIP Kota Makassar. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh media sosial terhadap kreativitas siswa SD Negeri Kompleks IKIP Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-postfacto. Penelitian ini menggunakan desain penelitian causal comparative research dengan teknik purpossive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri Kompleks IKIP Kota Makassar yang berjumlah 470. Sedangkan Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive random sampling. Purposive random sampling adalah Teknik penentuan sampel berdasarkan kebtuhan tertentu, dalam penelitian ini digunakan purposive random sampling digunakan dengan dasar pemanfaatan media sosial oleh siswa SD Negeri Kompleks IKIP. Adapun penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin sebanyak 216 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa variabel media sosial (X) adalah bernilai positif sehingga semakin tinggi penggunaan media sosial maka semakin tinggi pula kreativitas siswa. Hasil analisis uji (t) menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, dengan demikian media sosial berpengaruh signifikan terhadap kreativitas siswa. Media sosial berpengaruh terhadap kreativitas siswa. Semakin tinggi penggunaan media sosial maka akan semakin meningkatkan kretivitas siswa. Media sosial memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kreativitas siswa sebesar 99,7%. Koefisien korelasi ini berada pada rentang interval 0,800-1,000 yang artinya media sosial memiliki korelasi yang sangat kuat terhadap kreativitassiswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 31 Jul 2023 02:55 |
Last Modified: | 31 Jul 2023 02:55 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33236 |
Actions (login required)
View Item |