Penerapan Model Pembelajaran SSCS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas VI SDN 75 Malewang Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros

Alisyah Purnama Abadi (2023) Penerapan Model Pembelajaran SSCS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas VI SDN 75 Malewang Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros.

[img] Text
ARTIKEL ALISYAH PURNAMA ABADI fix.pdf

Download (464kB)

Abstract

Alisyah Purnama Abadi, 2020. Penerapan Model Pembelajaran SSCS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas VI SDN 75 Malewang Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros. Skripsi. Dibimbing oleh dosen Dr. Erma Suryani Sahabuddin, M.Si. dan Nur Abidah Idrus, S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA siswa kelas VI SDN 75 Malewang Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas VI SDN 75 Malewang Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) dan hasil belajar siswa. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VI SDN 75 Malewang Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 15 orang. Pengumpulan data menggunakan format observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa. Kesimpulan penelitian ini yaitu aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa terjadi peningkatan. Hasil observasi aktivitas guru dan siswa berada pada ketagori cukup (C) pada siklus 1 dan ketagori baik (B) pada siklus 2. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa sudah meningkat berada pada kategori baik dan penerapan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN 75 Malewang Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Jul 2023 02:48
Last Modified: 31 Jul 2023 02:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33235

Actions (login required)

View Item View Item