Efektifitas Pemanfaatan Taman Kampus sebagai Sumber Belajar Mata kuliah PKPD 2 pada Mahasiswa PGSD Angkatan 2017 UPP Makassar FIP UNM. Universitas Negeri Makassar

Tubagus Rizqi Riyadi (2023) Efektifitas Pemanfaatan Taman Kampus sebagai Sumber Belajar Mata kuliah PKPD 2 pada Mahasiswa PGSD Angkatan 2017 UPP Makassar FIP UNM. Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
skripsi tubagus-1647041019.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tubagus Rizqi Riyadi. 2021. Efektifitas Pemanfaatan Taman Kampus sebagai Sumber Belajar Mata kuliah PKPD 2 pada Mahasiswa PGSD Angkatan 2017 UPP Makassar FIP UNM. Universitas Negeri Makassar. Skripsi ini dibimbing oleh: Pembimbing I Dr. Erma Suryani Sahabuddin, M.Si dan Pembimbing II Nur Abidah Idrus, S.Pd., M.Pd. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya permasalahan lingkungan dan kurangnya pemanfaatannya. Rumusan masalahnya adalah (1) Bagaimanakah Pelaksanaan Pemanfaatan Taman Kampus sebagai Sumber Belajar Mata kuliah PKPD2 pada Mahasiswa PGSD Angkatan 2017 UPP Makassar FIP UNM? (2) Seberapa besarkah Efektifitas Pemanfaatan Taman Kampus sebagai Sumber Belajar Mata kuliah PKPD2 pada Mahasiswa PGSD Angkatan 2017 UPP Makassar FIP UNM? Kemudian penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui Pelaksanaan Pemanfaatan Taman Kampus sebagai Sumber Belajar Mata kuliah PKPD2 pada Mahasiswa PGSD Angkatan 2017 UPP Makassar FIP UNM; (2) Mengetahui Pelaksanaan Pemanfaatan Taman Kampus sebagai Sumber Belajar Mata kuliah PKPD2 pada Mahasiswa PGSD Angkatan 2017 UPP Makassar FIP UNM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa PGSD FIP UNM angkatan 2017. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa PGSD FIP UNM angkatan 2017 yang mengisi angket penggunaan lingkungan yang berjumlah 30 orang yang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Instrument yang digunakan adalah angket skala likert tentang pengunaan lingkungan di kampus khususnya taman kampus dalam bentuk google form agar memudahkan sampel untuk mengisi tanpa harus bertemu langsung dengan peneliti. Analisis data menggunakan uji persentase data. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa Dari presentase indikator dapat disimpulkan bahwa mahasiswa PGSD sudah memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar dengan baik, mereka sudah melakukan pemanfaatan sampah untuk dijadikan media atau alat pembelajaran, mahasiswa PGSD FIP UNM juga sudah menjaga kebersihan lingkungan, dan mereka telah melaksanakan praktik 3R. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa persentase efektifitas penggunaan lingkungan kampus sebagai sumber belajar pada mahasiswa PGSD FIP UNM berada dalam kategori efektif

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Jul 2023 02:44
Last Modified: 31 Jul 2023 02:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33234

Actions (login required)

View Item View Item