Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dalam menigkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN 200 Masale Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros

Ildiyawati (2023) Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dalam menigkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN 200 Masale Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros.

[img] Text
ARTIKEL ILDIYAWATI.pdf

Download (372kB)

Abstract

Ildiyawati, 2020. Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dalam menigkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN 200 Masale Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros. Skripsi dibimbing oleh Dra. Hj. Nurhaedah, M.Si. dan Dr. Andi Makkasau, M,Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil IPS pada siswa kelas V SDN 200 Masale Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros. Rumusan masalah dalampenelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas V SDN 200 Masale Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) pada siswa kelas V SDN 200 Masale Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas yang berdaur ulang atau siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini dilihat dari (1) penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan (2) Hasil belajar siswa. setting dan subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 200 Masale Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah mereduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I dengan kualifikasi cukup ke siklus II dengan kualifikasi baik. Dari hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 200 Masale Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Jul 2023 02:37
Last Modified: 31 Jul 2023 02:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33233

Actions (login required)

View Item View Item