Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Pada Muatan Pelajaran IPS SDN 72 Bontoloe Kecamatan Galesong Kabupaten Taklar

Nur Asmita (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Pada Muatan Pelajaran IPS SDN 72 Bontoloe Kecamatan Galesong Kabupaten Taklar.

[img] Text
Artikel Nur Asmita 01.pdf

Download (309kB)

Abstract

Nur Asmita, 2021. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Pada Muatan Pelajaran IPS SDN 72 Bontoloe Kecamatan Galesong Kabupaten Taklar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Dra. St. Nursiah B, M.Pd dan Nurhaedah. S.Pd., M.Pd). Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui, pertama gambaran penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) pada siswa kelas IV SDN 72 Bontoloe Kecamatan Galesong Kabupen Takalar, kedua gambaran motivasi belajar siswa pada muatan pelajaran IPS Kelas IV SDN 72 Bontoloe kecamatan Galesong Kabupaten Takalar sebelum dan setelah pelaksanaan model pembelajaran kooperatif Tipe Course Review Horay(CRH), ketiga pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Course Review Hora (CRH) terhadap motivasi belajar siswa pada muatan pelajaran IPS kelas IV SDN 72 Bontoloe Kecamatan Galesong. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Course Review Horay (CRH), sedangkan variabel terikatnya adalah motivasi belajar siswa. Pemilihan sampel yang dilakukan yaitu menggunakan teknik simple random sampling dengan kelas IV A sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV B sebagai kelompok kontrol, masing masing terdiri dari 16 siswa pada kelompok eksperimen dan 15 siswa pada kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu angket, observasi dan dokumen. Data dikumpulkan dari pemberin angket pada ranah kognitif kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan ststistik inferensial menggunakan uji Independent sample T-Test hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpilkan bahwa: Pertama Gambaran peneraan model pembelajara Course Review Horay terlihat berdasarkan lembar observasi, dari tahapan-tahapan pembelajaran yang diamati pada setiap pertemuan proses pembelajaran terlihat meningkat melalui kegiatan siswa maupun guru, kedua gambaran motivasi belajar siswa, pada perolehan hasil pretest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol masuk dalam kategori efektif, ketiga berdasarkan hasil statistik inferensial diperoleh nilai probelitas pada posttest kedua kelompok yaitu P=0,03 lebih kecil dari α= 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran course review horay memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada muatan pelajaran IPS kelas IV SDN 72 Bontoloe Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Jul 2023 02:33
Last Modified: 31 Jul 2023 02:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33231

Actions (login required)

View Item View Item