Pengaruh Penggunaan Media Blok Pecahan terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III SD Inpres Unggulan Toddopuli Kecamatan Panakkukang Kota Makassar.

MUH. HAEDAR (2023) Pengaruh Penggunaan Media Blok Pecahan terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III SD Inpres Unggulan Toddopuli Kecamatan Panakkukang Kota Makassar.

[img] Text
Artikel MUH.HAEDAR.docx

Download (56kB)

Abstract

MUH. HAEDAR, 2020, Pengaruh Penggunaan Media Blok Pecahan terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III SD Inpres Unggulan Toddopuli Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs.Nasaruddin,S.Pd.,M.Pd selaku pembimbing I, dan Drs.Latri,S.Pd.,M.Pd selaku pembimbing II. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penenlitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana gambaran penggunaan media Blok Pecahan pada mata pelajaran matematika.Bagaimana gambaran minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika dan Apakah terdapat pengaruh penggunaan media Blok Pecahan terhadap minat belajar pada mata pelajaran matematika siswa kelas III SD Inpres Unggulan Toddopuli Kec. Panakkukang Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk menggambarkan penggunaan Media Blok Pecahan pada mata pelajaran matematika. Untuk menggambarkan minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika dan Untuk menegetahui pengaruh penggunaan Media Blok Pecahan pada mata pelajaran matematika siswa kelas III SD Inpres Unggulan Toddopuli Kec. Panakkukang Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Eksperimen dan desain penelitian Tru Eksperimen Design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Inpres Unggulan Toddopuli. Sampel yang terpilih dalam penelitian ini berdasarkan tekhnik simple random sampling yaitu siswa kelas III SD Inpres Unggulan Toddopuli Kec. Panakkukang Kota Makassar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu angket minat belajar, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu anlisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan independent sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan minat belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas. Kesimpulan dari penelitian ini yakni proses pembelajaran dengan menggunakan media Blok Pecahan berlangsung secara efektif. Selain itu, minat belajar siswa pada kelas eksperimen meningkat setelah diberi perlakuan menggunakan media Blok Pecahan dibanding dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan media Blok Pecahan dalam proses pembelajaran. Sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan media blok pecahan memberikan pengaruh terhadap minat belajar pada mata pelajaran Matematika siswa kelas III SD Inpres Unggulan Toddopuli Kec. Panakkukang Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Jul 2023 02:24
Last Modified: 31 Jul 2023 02:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33229

Actions (login required)

View Item View Item