Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 351 Kawasan Amma Toa Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba.

Yustika (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 351 Kawasan Amma Toa Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba.

[img] Text
ARTIKEL YUSTIKA.pdf

Download (147kB)

Abstract

Yustika, 2021. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 351 Kawasan Amma Toa Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Dra. St. Nursiah B, M.Pd dan Nurhaedah, S.Pd., M.Pd.,). Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui (1) Gambaran penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check pada siswa kelas IV SDN 351 Kawasan Amma Toa Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba, (2) Gambaran hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check pada mata pelajaran matematika kelas IV SDN 351 Kawasan Amma Toa Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba, (3) Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SDN 351 Kawasan Amma Toa Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar matematika. Pemilihan sampel yang digunakan yaitu teknik sampel jenuh. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 351 Kawasan Amma Toa yang berjumlah 16 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes. Data di analisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan Paired sample T-Test. Hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: (1) Gambaran penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check pada siswa kelas IV, mulai dari pembagian kelompok oleh guru sampai bagaimana siswa berperan aktif dan bekerja sama dengan pasangannya. Tahapan-tahapan pembelajaran yang diamati pada setiap pertemuan proses pembelajaran terlihat meningkat melalui kegiatan guru maupun siswa, guru dengan presentase 71% dan 86%, sedangkan untuk siswa dengan presentase 67% dan 81%, (2) Gambaran hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check pada mata pelajaran matematika kelas IV masuk dalam kategori sangat tinggi 25%, tinggi 62,5%, dan sedang 12,5%, (3) Berdasarkan nilai analisis statistik inferensial diperoleh nilai probabilitas 0,000 < 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SDN 351 Kawasan Amma Toa Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Jul 2023 02:14
Last Modified: 31 Jul 2023 02:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33227

Actions (login required)

View Item View Item