Efektivitas Penggunaan Multimedia Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar PKN Selama Masa Pandemi pada Siswa Kelas V SD Negeri Tallo Tua 69 Kecamatan Tallo Kota Makassar

Hasri Ainun Efendi (2023) Efektivitas Penggunaan Multimedia Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar PKN Selama Masa Pandemi pada Siswa Kelas V SD Negeri Tallo Tua 69 Kecamatan Tallo Kota Makassar.

[img] Text
Artikel_Hasri Ainun Efendi_Universitas Negeri Makassar.pdf

Download (608kB)

Abstract

Hasri Ainun Efendi, 2021. Efektivitas Penggunaan Multimedia Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar PKN Selama Masa Pandemi pada Siswa Kelas V SD Negeri Tallo Tua 69 Kecamatan Tallo Kota Makassar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Dr. Suarlin., M. Si dan Hikmawati Usman S. Pd., M. Pd) Penelitian ini menelaah masalah berikut: (1) Bagaimanakah gambaran penggunaan multimedia pembelajaran daring pada pembelajaran PKn kelas V SD Negeri Tallo Tua 69 Kota Makassar ? (2) Bagaimanakah hasil belajar PKn selama masa pandemi dengan menggunakan multimedia pembelajaran daring di kelas V SD Negeri Tallo Tua 69 Kota Makassar ? (3) Apakah penggunaan multimedia pembelajaran daring efektif terhadap hasil belajar PKn selama masa pandemi di kelas V SD Negeri Tallo Tua 69 Kota Makassar ?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) gambaran penggunaan multimedia pembelajaran (2) hasil belajar PKn selama masa pandemi dengan menggunakan multimedia pembelajaran daring di kelas V SD Negeri Tallo Tua 69 Kota Makassar; (3) untuk mengetahui apakah penggunaan multimedia pembelajaran daring efektif terhadap hasil belajar PKn selama masa pandemi di kelas V SD Negeri Tallo Tua 69 Kota Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen Design. Desain penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design. Pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan metode nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Prosedur pengumpulan data terdiri dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap akhir. Teknik pengumpulan data antara lain, tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yaitu lembar observasi dan tes. Teknik analisis data terdiri dari analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial antara lain, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan multimedia pembelajaran efektif terhadap hasil belajar PKN selama masa pandemic pada siswa kelas V SD Negeri Tallo Tua 69 Kecamatan Tallo Kota Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Jul 2023 02:07
Last Modified: 31 Jul 2023 02:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33226

Actions (login required)

View Item View Item