Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 6 Watang Sidenreng Kabupaten Sidrap

Indasari (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 6 Watang Sidenreng Kabupaten Sidrap.

[img] Text
ARTIKEL INDASARI 1647041003.pdf

Download (488kB)

Abstract

Indasari, 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 6 Watang Sidenreng Kabupaten Sidrap. Skripsi. Dibimbing oleh Pembimbing I Dra.Hj.Amrah, S.Pd., M.Pd dan Dr. Erma Suryani Sahabuddin, M.Si, selaku Pembimbing II. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SDN 6 Watang Sidenreng Kabupaten Sidrap. Rumusan masalahnya yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 6 Watang Sidenreng Kabupaten Sidrap dengan pemecahan masalah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada mata pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 6 Watang Sidenreng Kabupaten Sidrap. Pendekatan yang dipilih dalam pelaksanaan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika merupakan nilai hasil tes yang diperoleh siswa berdasarkan hasil tes setiap siklus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 6 Watang Sidenreng Kabupaten Sidrap dengan jumlah siswa sebanya 10 orang yang terdiri dari 5 siswa perempuan dan 5 siswa laki-laki. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes, selanjutnya data tersebut dianalisi secara deskriptif kualitatif. Pada hasil tes siklus pertama, terdapat 3 orang siswa yang mencapai ketuntasan belajar dan 7 orang siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar. Hasil tes pada siklus kedua menunjukkan peningkatan terhadap hasil belajar siswa yaitu terdapat 9 orang siswa yang mencapai ketuntasan belajar dan 1 orang siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 6 Watang Sidenreng Kabupaten Sidrap.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Jul 2023 02:00
Last Modified: 31 Jul 2023 02:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33224

Actions (login required)

View Item View Item