Pengaruh model pembelajaran Word Square terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas V SDN No 111 Samataring Kecamaran Kelara Kabupaten Jeneponto

Widya Wulandari AR (2023) Pengaruh model pembelajaran Word Square terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas V SDN No 111 Samataring Kecamaran Kelara Kabupaten Jeneponto.

[img] Text
JURNAL MODEL WORD SQUARE.pdf

Download (418kB)

Abstract

Widya Wulandari AR. 2021. Pengaruh model pembelajaran Word Square terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas V SDN No 111 Samataring Kecamaran Kelara Kabupaten Jeneponto. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Dra. St. Nursiah B, M.Pd dan Andi Dewi Riang Tati, S.Pd., M.Pd) Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS SDN No 111 Samataring. Masalah yang sering didapatkan di sekolah dasar adalah guru masih menggunakan metode konvensional sehingga siswa merasa bosan dan tidak bergairah untuk belajar. Penggunaan model akan membuat siswa lebih tertarik memperhatikan pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu model yang baik digunakan dalam pembelajaran IPS yaitu Word Square yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Word Square di SDN No 111 Samataring, mengetahui gambaran hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS SDN No 111 Samataring, dan mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Word Square terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS SDN No 111 Samataring. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Expermental Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Word Square sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Jumlah populasi yaitu 40 siswa yang terdiri atas dua kelompok yang masing-masing berjumlah 15 siswa. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Data dikumpulkan dengan pemberian pretest, treatment, dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis, meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan analisis akhir menggunakan uji independent sample t test dengan sistem SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Word Square dapat diterapkan dengan baik dengan tahap yang seharusnya, hasil belajar siswa di kelompok eksperimen lebih meningkat dibandingkan di kelompok kontrol, serta terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan Word Square terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS SDN No 111 Samataring

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Jul 2023 01:47
Last Modified: 31 Jul 2023 01:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33221

Actions (login required)

View Item View Item