PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS, DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALU PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI DI KECAMATAN PITUMPANUA KABUPATEN WAJO

Mirna, Mirna (2017) PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS, DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALU PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI DI KECAMATAN PITUMPANUA KABUPATEN WAJO. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Artikel.docx

Download (68kB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan belajar siswa sangat menentukan keberhasilan dalam proses belajar. Faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar siswa diantaranya adalah kemampuan berpikir logis, kesiapan belajar, dan partisipasi siswa dalam pembelajaran. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan seberapa besar pengaruh kemampuan berpikir logis, dan kesiapan belajar terhadap hasil belajar matematika melalui partisipasi siswa dalam pembelajaran pada siswa kelas VIII SMP Negeri Di Kecamatan Pitumpanua Kabupaten Wajo. Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto yang bersifat kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah 362 siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Pitumpanua Kabupaten Wajo tahun pelajaran 2015/2016. Sampel penelitian 157 siswa yang diambil dengan menggunakan proporsional random sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan berpikir logis, angket kesiapan belajar, angket partisipasi siswa dalam pembelajaran, dan tes hasil belajar matematika. Data analisis dengan statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Sebagian besar siswa kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Pitumpanua Kabupaten Wajo memiliki kemampuan berpikir logis dalam belajar matematika dengan kategori sedang, kesiapan belajar siswa dalam belajar matematika dengan kategori cukup siap, partisipasi siswa dalam pembelajaran dalam belajar matematika dengan kategori aktif, dan hasil belajar matematika dengan kategori sedang. (2) Variabel yang berpengaruh secara signifikan yaitu, kesiapan belajar berpengaruh langsung terhadap hasil belajar, kesiapan belajar berpengaruh langsung terhadap partisipasi siswa dalam pembelajaran, kesiapan belajar berpengaruh secara tidak langsung melalui partisipasi siswa dalam pembelajaran, dan partisipasi siswa dalam pembelajaran berpengaruh langsung terhadap hasil belajar matematika. (3) Variabel yang berpengaruh secara tidak signifikan yaitu, kemampuan berpikir logis berpengaruh langsung terhadap hasil belajar, kemampuan berpikir logis berpengaruh langsung terhadap partisipasi siswa dalam pembelajaran, dan kemampuan berpikir logis berpengaruh tidak langsung terhadap hasil belajar matematika melalui partisipasi siswa dalam pembelajaran dengan tingkat kesignifikanan. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Logis, Kesiapan Belajar, Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran, dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Oct 2017 02:30
Last Modified: 23 Oct 2017 02:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3322

Actions (login required)

View Item View Item