Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas V SD Inpres Mangasa I Kota Makassar.

Muh. Rifqienur Adiwardana (2023) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas V SD Inpres Mangasa I Kota Makassar.

[img] Text
Artikel_Muh. Rifqienur.pdf

Download (517kB)

Abstract

Muh. Rifqienur Adiwardana, 2021. Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas V SD Inpres Mangasa I Kota Makassar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Nurhaedah dan Abdul Rahman). Abad 21 kini menuntut setiap individu memiliki keterampilan berpikir kritis untuk memecahkan permasalahan yang kini semakin kompleks. Keterampilan berpikir kritis siswa dapat dipengaruhi oleh penerapan model pembelajaran salah satunya adalah model problem based learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan model problem based learning, mengetahui gambaran keterampilan berpikir kritis siswa dan mengetahui terdapatnya pengaruh penerapan model problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran tematik kelas V SD Inpres Mangasa I Kota Makassar. Penelitian ini berjenistrue experimentals dengan pre-test post-test control group design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Mangasa I Kota Makassar dengan jumlah 50 orang yang ditentukan dengan teknik simple random Sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan dokumentasi, lembar observasi dan tes obyektif yang diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan pembelajaran. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning pada pertemuan I berjalan secara cukup efektif dengan persentase 71% dan pada pertemuan II berjalan secara efektif dengan persentase 81%. Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol. Hasil analisis inferensial dengan menggunakan independent sample t-test menunjukkan nilai probabilitas sebesar 0,00 > taraf signifikansi 0,05 dan T hitung sebesar 4,406 > T tabel sebesar 2,0106. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran tematik kelas V SD Inpres Mangasa I Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 28 Jul 2023 07:50
Last Modified: 28 Jul 2023 07:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33215

Actions (login required)

View Item View Item