Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD Inpres Polongaan Kabupaten Mamuju Tengah

Elvi Febriani (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD Inpres Polongaan Kabupaten Mamuju Tengah.

[img] Text
Artikel Jurnal-Elvi Febriani.pdf

Download (686kB)

Abstract

Elvi Febriani, 2021, Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD Inpres Polongaan Kabupaten Mamuju Tengah. Skripsi ini dibimbing oleh Pembimbing I Ibu Hj. Nurhaedah, S.Pd. M.Hum. dan Pembimbing II Bapak Hartoto, S.Pd. M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Inpres Polongaan. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimental Design jenis Nonequivalent Control Group Design. Variabel bebas penelitian ini yaitu model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition sedangkan untuk variabel terikatnya yaitu kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV. Tehnik penarikan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes dan dokumentasi yang berpedoman pada instrumen penelitian. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan bantuan program IBM SPSS Statistic version 25. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition berdasarkan kegiatan guru maupun siswa berada pada kategori sangat baik. Kemampuan membaca pemahaman siswa dilihat dari hasil tes membaca pemahaman pada kelas eksperimen meningkat yang awalnya berada pada kategori kurang menjadi kategori baik. Hasil uji Independent sample t test menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara hasil tes membaca pemahaman kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Inpres Polongaan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 28 Jul 2023 07:44
Last Modified: 28 Jul 2023 07:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33214

Actions (login required)

View Item View Item