Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V.b SD Inpres Unggulan Toddopuli Kecamatan Panakukang Kota Makassar

Syamra.Said (2023) Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V.b SD Inpres Unggulan Toddopuli Kecamatan Panakukang Kota Makassar.

[img] Text
SAMPUL UTAMA.rtf

Download (329kB)
[img] Text
- MOTTO.rtf

Download (44kB)
[img] Text
- PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.rtf

Download (47kB)
[img] Text
- ABSTRAK.rtf

Download (59kB)
[img] Text
- DAFTAR ISI - Copy.rtf

Download (126kB)
[img] Text
- PRAKATA.rtf

Download (83kB)
[img] Text
BAB 1 SAMPAI 5.docx

Download (115kB)
[img] Text
- RIWAYAT HIDUP.docx

Download (1MB)

Abstract

Syamra.Said, 2017. Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V.b SD Inpres Unggulan Toddopuli Kecamatan Panakukang Kota Makassar. Skripsi dibimbing oleh Latri Aras,S.Pd, M.Pd dan Khaerunnisa,S.Pd,I,MA. Pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Permasalah dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V.b SD Inpres Unggulan Todopuli Kecamatan Panakukang Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimanakah penerapan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V.b SD Inpres Unggulan Todopuli Kecamatan Panakukang Kota Makassar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V.b SD Inpres Unggulan Todopuli Kecamatan Panakukang Kota Makassar, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dan hasil belajar siswa. Setting penelitian adalah SD Inpres Unggulan Todopuli Kecamatan Panakukang Kota Makassar dan yang menjadi subjek penelitian adalah 1 guru dan siswa kelas V.b SD Inpres Unggulan Todopuli sebanyak 35 siswa dengan rincian 14 siswa laki- laki dan 21 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif deskriptif. Pada siklus I proses dan hasil belajar matematika siswa berada pada kategori cukup sedangkan pada siklus II proses dan hasil belajar matematika siswa berada pada kategori baik. Sedangkan proses guru pada siklus I berada pada kategori cukup, pada siklus II proses guru berada pada kategori baik. Pada saat proses pembelajaran berlangsung, observer melakukan pengamatan terhadap guru , Pada siklus I berada pada kategori Tidak tuntas sedangkan siklus II berada pada kategori Tuntas dan teman sejawat membantu melakukan pengamatan terhadap siswa ,pada siklus I hasil observasi siswa berada pada kategiri Tidak Tuntas sedangkan siklus II berada pada kategori Tuntas. Kesimpulan penelitian ini adalah Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V.b SD Inpres Unggulan Todopuli Kecamatan Panakukang Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 28 Jul 2023 07:55
Last Modified: 28 Jul 2023 07:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33213

Actions (login required)

View Item View Item