Peranan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Di Yayasan Smart Home TK Islam Impian Kelurahan Bangkala Kecamatan Manggala Kota Makassar

WAFIYYAH RAFFIFA NURDIN. (2023) Peranan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Di Yayasan Smart Home TK Islam Impian Kelurahan Bangkala Kecamatan Manggala Kota Makassar.

[img] Text
JURNAL_WAFIYYAH RAFFIFA NURDIN_PERANAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI.pdf

Download (178kB)

Abstract

WAFIYYAH RAFFIFA NURDIN.2022, Peranan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Di Yayasan Smart Home TK Islam Impian Kelurahan Bangkala Kecamatan Manggala Kota Makassar. Pembimbing dalam penelitian ini adalah Dr. Latang, M.Pd dan Dr. Suardi, S.Pd, M.Pd Pada Program Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan guru pendidikan anak usia dini di Yayasan Smart Home TK Islam Impian Kelurahan Bangkala Kecamatan Manggala Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, informan penelitian ini adalah tutor, kepala TK Islam Impian dan orangtua peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan melalui triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru pendidikan anak usia dini di Yayasan Smart Home TK Islam Impian Kelurahan Bangkala Kecamatan Manggala Kota Makassar, spesifik kepada tiga hal yaitu peran sebagai mediator, peran sebagai fasilitator, dan peran sebagai motivator. Peran guru tidak hanyasekedar penengah dalam proses pembelajaran. Peran guru sebagai fasilitator yang memberikan fasilitas sarana kepada peserta didik secara gratis dalam mengoptimalkan proses pembelajaran. Kemudian, peran guru sebagai motivator ini sangatlah penting, dimana guru dapat menggerakkan ruangan kelas dengan menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didiknya.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 28 Jul 2023 07:20
Last Modified: 28 Jul 2023 07:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33209

Actions (login required)

View Item View Item