PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD INPRES KASSI-KASSI KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

RANI MALINDA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD INPRES KASSI-KASSI KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (4MB)

Abstract

Rani Malinda, 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Power of Two terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Inpres Kassi-Kassi Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Dibimbing oleh Drs. Latri, S.Pd., M.Pd dan Khaerunnisa, S.Pd.I.,M.A. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar.Penelitian ini menelaah tentang pengaruh model pembelajaran power of two terhadap hasil belajar siswa khusunya pada mata pelajaran IPA. Adapun rumusan masalah yang dikaji yaitu bagaimanakah gambaran pelaksanaan model pembelajaran power of two dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Inpres Kassi-Kassidan apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Inpres Kassi-Kassi setelah siswa diajar menggunakan model power of two dan diajar menggunakan pembelajaran langsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran power of two, mendeskripsikan hasil belajar siswa sebelum dan setelah diajar menggunakan model power of two maupun siswa yang diajar menggunakan pembelajaran langsung dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran power of two terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Inpres Kassi-Kassi Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental designs berbentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Inpres Kassi-Kassi Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V A sebagai kelompok kontrol dan kelas V B sebagai kelompok eksperimen dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial berupa independent simple t-test. Setelah dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-T menunjukkan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan antara hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hal ini berarti model pembelajaran power of two berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA khususnya pada kelas V.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 28 Jul 2023 07:21
Last Modified: 28 Jul 2023 07:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33208

Actions (login required)

View Item View Item