Studi Tentang Kompetensi Sosial Tutor Program Pendidikan Kesetaraan Paket C di Satuan Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar SPNF SKB Ujung Pandang Kota Makassar

M. Gausart Al Gifaril (2023) Studi Tentang Kompetensi Sosial Tutor Program Pendidikan Kesetaraan Paket C di Satuan Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar SPNF SKB Ujung Pandang Kota Makassar.

[img] Text
JURNAL M. GAUSART AL GIFARIL.pdf

Download (581kB)

Abstract

M. Gausart Al Gifaril.2022, Studi Tentang Kompetensi Sosial Tutor Program Pendidikan Kesetaraan Paket C di Satuan Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar SPNF SKB Ujung Pandang Kota Makassar. Pembimbing dalam penelitian ini adalah Prof. Dr. H. Syamsyul Bakhri Gaffar, M.Si dan Dr. Latang, M.Pd Pada Program Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kompetensi Sosial Program Pendidikan Kesetaraan Paket C di Satuan Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar SPNF SKB Ujung Pandang Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yang di gunakan adalah studi kasus. Informan Penelitian ini adalah Tutor Paket C, Warga Belajar Paket C SPNF SKB Ujung Pandang, dan Mayarakat Sekitar SPNF SKB Ujung Pandang. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tekhnik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan untuk menjelakan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian bahwa Kompetensi Sosial Tutor Program Pendidikan Kesetaraan Paket C di Satuan Pendidikan Nonformal Sanggar Kegiatan Belajar (SPNF SKB) Ujung Pandang Kota Makassar, Tiga hal yaitu Bersikap dan Bertindak Objektif serta Berkomunikasi Secara Efektif, Beradaptasi Dengan Lingkungan, dan Empatik dan Santun Berkomunikasi karena tutor berlaku bijaksana, arif dan adil terhadap warga belajar dalam bertindak serta berkomunikasi dan bergaul dengan koleganya, warga belajar dan masyarakat sekitar. Tutor juga melakukan penyesuaian diri dengan lingkungan lembaga SPNF SKB maupun lingkungan sekitar. Kemudian tutor juga melakukan kritik, teguran dan nasehat terhadap warga belajar dan masyarakat sekitar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 28 Jul 2023 07:14
Last Modified: 28 Jul 2023 07:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33207

Actions (login required)

View Item View Item