PENERAPAN METODE SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MURID DI KELAS IV SD INPRES MINASAUPA I KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

RESKI HARDIANTI (2023) PENERAPAN METODE SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MURID DI KELAS IV SD INPRES MINASAUPA I KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (2MB)

Abstract

Reski Hardianti, 2017, Penerapan Metode Simulasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Murid di Kelas IV SD Inpres Minasaupa I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Amrah, S.Pd., M.Pd dan Drs. Muhammad Faisal, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini adalah rendahnya hasil keterampilan berbicara murid pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SD Inpres Minasaupa I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Adapun rumusan masalah yaitu bagaimanakah penerapan metode simulasi untuk meningkatkan keterampilan berbicara murid di kelas IV SD Inpres Minasaupa I Kecamatan Rappocini Kota Makassar? Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan metode simulasi dapat meningkatkan keterampilan berbicara murid di kelas IV SD Inpres Minasaupa I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan metode simulasi dan keterampilan berbicara murid di kelas IV SD Inpres Minasaupa I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Subjek penelitian adalah guru dan murid kelas IV yang berjumlah 31 orang, terdiri dari 16 murid laki-laki dan 15 murid perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi, teknik analisis data dengan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil keterampilan berbicara kelas IV. Pada aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I aktivitas mengajar guru berada pada kategori kurang menjadi kategori baik pada siklus II. Demikian pula aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori kurang menjadi kategori baik pada siklus II. Peningkatan juga terjadi pada hasil keterampilan berbicara. Pada siklus I belum berhasil mencapai kentuntasan klasikal yang ditentukan dan berada pada kategori baik. Pada siklus II hasil keterampilan berbicara murid sudah meningkat, hal itu dilihat dari nilai rata-rata kelas yang mengalami peningkatan dan berada pada kategori baik. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode simulasi dapat meningkatkan keterampilan berbicara murid di kelas IV SD Inpres Minasaupa I Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 28 Jul 2023 07:14
Last Modified: 28 Jul 2023 07:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33206

Actions (login required)

View Item View Item