Manajemen Pembelajaran Di SDN 245 Batu Tompo Kabupaten Bulukumba

ABD RAFID (2023) Manajemen Pembelajaran Di SDN 245 Batu Tompo Kabupaten Bulukumba.

[img] Text
JURNAL ABD RAFID.pdf

Download (294kB)

Abstract

ABD RAFID, 2022. Manajemen Pembelajaran Di SDN 245 Batu Tompo Kabupaten Bulukumba.;Skripsi Dibimbing Oleh Syamsurijal Basri, S.Pd, M.Pd ; dan Hasan, S.Pd.I, M.Pd ; Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Penelitian ini mengkaji tentang manajemen pembelajaran di SDN 245 Batu Tompo Kabupaten Bulukumba. Tujuan dari penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran manajemen pembelajaran di SDN 245 Batu Tompo Kabupaten Bulukumba. Pendekatan dari penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriftif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 245 Batu Tompo Kabupaten Bulukumba, sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, obsevasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data model analisis intraktif miles dan huberman. Pengecekan dan pengabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran, pada tahap perencanaan dalam hal ini guru mempersiapkan pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan menyusun RPP yang sesuai dengan silabus dan analisis program pembelajaran, sebelum proses pembelajaran guru menyiapkan RPP dan media yang ingin di gunanakan dalam pembelajaran, begitupun dengan kesiapan peserta didik yang sudah dipersiapakn oleh guru secara fisik dan psikis. (2) Pelaksanaan pembelajaran, dalam pelaksanaan pembelajaran guru sangat berperan penting dalam hal ini guru telah melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan peseta didiknya sehingga peseta didik merasa nyaman delam pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan tenga pendidik. Didalam kelas guru juga memberikan kebebasan kepada peserta didik dalam artian kebebasan dalam meningkatan potensi yangdimiliki agar lebih mudah dalam memahami materi yang diberikan. Pada saat proses pembelajaran guru juga menggunakan berbagai referensi seperti buku cetak dan sumber dari handphone atau melalui internet. (3) Evaluasi pembelajaran, pada tahap evaluasi guru melakukan secara berkala dengan cara memberikan ujian semester, ujian tengah semester dan essai. Selain itu juga melakukan refleksi terhadap materi telah di ajarkan sehingga peserta didik dapat mengingat dan memahami materi yang baru saja diberikan. Terkadang guru memberikan nasihat kepada peserta didik yang kurang aktif dalam kelas beserta penilaian karakter baik dalam proses pembelajaran maupun diluar jam pelajaran.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 28 Jul 2023 07:04
Last Modified: 28 Jul 2023 07:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33205

Actions (login required)

View Item View Item