IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERMUATAN STEAM DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN LITERASI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL VI BIRING ROMANG

A.Auliah Rahma (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERMUATAN STEAM DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN LITERASI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL VI BIRING ROMANG.

[img] Text
2. ARTIKEL A.AULIAH RAHMA.pdf

Download (252kB)

Abstract

A.Auliah Rahma. 2023, Implementasi Pembelajaran Bermuatan STEAM Dalam Mengembangkan Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal VI Biring Romang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar (Dibimbing Oleh Sitti Nurhidayah Ilyas dan Muhammad Akil Musi). Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan implementasi pembelajaran bermuatan STEAM dalam mengembangkan kemampuan literasi anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal VI Biring Romang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran bermuatan STEAM dalam mengembangkan kemampuan literasi anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal VI Biring Romang adalah dilaksanakan melalui kegiatan proyek. Guru memberikan pengalaman tentang science, technology, engineering, art and mathematics serta mendorong anak untuk aktif bereksplorasi dan menyampaikan pikiran sehingga dapat mengembangkan kemampuan literasi anak yaitu memiliki minat dalam kegiatan menggunakan buku cerita bergambar, anak mengenali gambar dan menyebutkan simbol tulisan, anak mampu menyebutkan huruf awal dari nama benda, anak dapat menulis namanya, serta anak mampu menceritakan cerita yang telah di dengar atau dibaca.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 27 Jul 2023 02:13
Last Modified: 27 Jul 2023 02:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33195

Actions (login required)

View Item View Item