Implementasi Kebijakan Program Kampus Mengajar di SD Inpres Mangasa I Kota Makassar

THALIA ANASTASYA HUTAPEA (2023) Implementasi Kebijakan Program Kampus Mengajar di SD Inpres Mangasa I Kota Makassar.

[img] Text
Artikel_Thalia Anastasya.pdf

Download (389kB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan Program Kampus Mengajar yang merupakan bentuk asistensi mengajar untuk memberdayakan mahasiswa dalam membantu proses pembelajaran di Sekolah Dasar. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk menjelaskan gambaran proses Implementasi Kebijakan Program Kampus Mengajar di SD Inpres Mangasa I Kota Makassar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara dan dokumentasi. Fokus penelitian ini adalah pengelolaan program Kampus Mengajar oleh tim MBKM perguruan tinggi, peran Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dalam program Kampus Mengajar, serta peran sekolah dan mahasiswa dalam pelaksanaan program. Studi dokumentasi didapatkan melalui buku panduan Kampus Mengajar dan berkas kebijakan program. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan pengelolaan program yang kurang pada tahap evaluasi oleh tim MBKM, peran Dinas Pendidikan dan pelaksanaan program yang dilakukan oleh mahasiswa cukup baik. Respon positif yang diberikan oleh pihak sekolah terhadap program yang dilaksanakan oleh mahasiswa. Serta kampus mengajar bagi mahasiswa kependidikan dan nonkependidikan yang dinilai memiliki perbedaan dalam realisasi program kerja. Kata kunci: Implementasi; Kampus Mengajar; Kebijakan

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 27 Jul 2023 01:53
Last Modified: 27 Jul 2023 01:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33193

Actions (login required)

View Item View Item