PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGGOSOK GIGI MELALUIMETODE DEMOSTRASI PADA ANAK DOWNSYNDROMEKELAS IV DI SLB NEGERI 1 WAKATOBI

Asyana Biru (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGGOSOK GIGI MELALUIMETODE DEMOSTRASI PADA ANAK DOWNSYNDROMEKELAS IV DI SLB NEGERI 1 WAKATOBI.

[img] Text
JURNAL ASYANA BIRU.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya kemampuan menggosok gigi pendek pada anak diwn syndrome kelas IV Di SLB Negeri 1 Wakatobi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakahkemampuan menggosok gigi sebelum penggunaan metode demonstrasi? 2) Bagaimanakah kemampuanmenggosok gigi setelah penggunaan metode demonstrasi? 3) Apakah ada peningkatan kemampuan menggosok gigimelalui metode demonstrasi?. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui: 1) Kemampuan menggosok gigi sebelum penggunaan metode demonstrasi. 2) Kemampuan menggosok gigi setelah penggunaan metode demonstrasi. 3) Peningkatan kemampuan menggosok gigi melalui metode demonstrasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif, yaitu untuk mendeskripsikan peningkatankemampuan menggosok gigi sebelum dan setelah penggunaan metode demonstrasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik tes. Subyek dalam penelitian ini adalah murid down syndrome kelas IVyang dimana hanya satu orang. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif. Hasil penelitianmenunjukkanbahwa 1) Kemampuan menggosok gigi sebelum penggunaan metode demonstrasi berada dalamkategori sangat kurang, 2) Kemampuan menggosok gigi setelah penggunaan metode demonstrasi berada dalamkategori baik, 3) Penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan menggosok gigi pada murid down syndrome kelas IV di SLB Negeri 1 Wakatobi. Kata Kunci : Kemampuaan menggosok gigi, metode demonstrasi, down syndrome.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 27 Jul 2023 01:29
Last Modified: 27 Jul 2023 01:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33190

Actions (login required)

View Item View Item