NAHFAL HUSMAR (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAKAI BAJU BERKANCINGMENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNGPADA MURID TUNAGRAHITA KELAS IVDI SLB NEGERI 2 KENDARI.
Text
JURNAL NAHFAL HUSMAR.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memakai baju berkancing menggunakan model pembelajaran langsung pada murid tunagrahita kelas IV di SLB Negeri 2 Kendari.penelitian ini mengkaji tentang rendahnya kemampuan memakai baju berkancing pada murid tunagrahita kelas IV di SLBNegeri 2 Kendari. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimanakah kemampuan memakai bajuberkancing sebelum menggunakan model pembelajaran langsung pada murid tunagrahita kelas IVdi SLBNegeri 2 Kendari ? 2) Bagaiamanakah kemampuan memakai baju berkancing setelah menggunakanmodel pembelajaran langsung pada murid tunagrahita kelas IV di SLB Negeri 2 Kendari ? 3) Apakah ada peningkatan kemampuan memakai baju berkancing melalui model pembelajaran langsung pada muridtunagrahita kelas IV di SLB Negeri 2 Kendari. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif denganjenis penelitian deskriptif, yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan memakai baju berkancing pada murid tunagrahita kelas IV di SLB Negeri 2 Kendari. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalahdengan tehnik tes sebelum dan setelah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuanmemakai baju berkancing sebelum menggunakan model pembelajaran langsung berada pada kategori kurang, kemudian kemampuan memakai baju berkancing pada murid tunagrahita kelas IVsetelahmenggunakan model pembelajaran langsung berada pada kategori sangat mampu. Kesimpulan dari penelitian ini adalah : 1) kemampuan memakai baju berkancing murid tunagrahita kelas IV di SLBNegeri 2 Kendari kurang mampu pada kondisi awal/sebelum penerapan model pembelajaran langsung, 2) kemampuan memakai baju berkancing murid tunagrahita kelas IV di SLB Negeri 2 Kendari setelahpenerapan model pembelajaran langsung berada pada kategori sangat mampu, 3) terdapat peningkatankemampuan memakai baju berkancing pada murid tunagrahita kelas IV di SLB Negeri 2 Kendari dengankategori kurang mampu meningkat mejadi dangat mampu. Dengan demikian, kemampuan murid setelahdiberikan perlakuan meningkat setelah diberika perlakuan dibandingkan sebelum diberikan perlakuan. Kata Kunci : Memakai baju berkancing, Model pembelajaran langsung, Murid tunagrahita
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 01:19 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 01:19 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33188 |
Actions (login required)
View Item |