Analisis Kemampuan Praktik Pembelajaran Inovatif pada Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan Universitas Negeri Makassar

Baharuddin, Fiskia Rera and Amiruddin, Amiruddin and Palerangi, Andi Muadz (2022) Analisis Kemampuan Praktik Pembelajaran Inovatif pada Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan Universitas Negeri Makassar. In: Seminar Nasional Hasil Penelitian 2022 "Membangun Negeri dengan Inovasi tiada henti melalui penelitian, 2022, Makassar; Indonesia.

[img] Text (Artikel - Analisis Kemampuan Praktik Pembelajaran Inovatif pada Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan Universitas Negeri Makassar)
1. Artikel_Prosiding Nasional_Analisis Kemampuan Praktik Pembelajaran Inovatif pada Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan Universitas Negeri Makassar.pdf - Published Version

Download (355kB)
[img] Text (Turnitin - Analisis Kemampuan Praktik Pembelajaran Inovatif pada Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan Universitas Negeri Makassar)
2. Turnitin_Artikel_Prosiding Nasional_Analisis Kemampuan Praktik Pembelajaran Inovatif pada Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan Universitas Negeri Makassar.pdf - Supplemental Material

Download (360kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/43...

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui kemampuan guru PPG Dalam Jabatan Kategori 2 Tahun 2022 terkait pembelajaran TPACK pada Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Universitas Negeri Makassar. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling kepada mahasiswa PPG Dalam Jabatan Kategori 2 Tahun 2022 sebanyak 1449 dari dua puluh dua bidang studi yang dilaksanakan di program studi pendidikan profesi guru universitas negeri Makassar. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan teknik analisis statistik deskriptif. Adapun hasil penelitian tingkat pemahamn guru terhadap pembelajaran TPACK adalah (1) Tingkat pemahaman Guru pada aspek Technological Knowledge pada PPG Dalam Jabatan Kategori 2 sebesar 43,82% dengan kategori sangat baik; (2) Tingkat pemahaman Guru pada aspek Content Knowledge pada PPG Dalam Jabatan Kategori 2 sebesar 44,65% dengan kategori sangat baik; (3) Tingkat pemahaman Guru pada aspek Pedagogical Knowledge pada PPG Dalam Jabatan Kategori 2 sebesar 47,34% dengan kategori sangat baik; (4) Tingkat pemahaman Guru pada aspek Pedagogical Content Knowledge pada PPG Dalam Jabatan Kategori 2 sebesar 44,79% dengan kategori sangat baik; (5) Tingkat pemahaman Guru pada aspek Technological Content Knowledge pada PPG Dalam Jabatan Kategori 2 sebesar 54,04% dengan kategori sangat baik; (6) Tingkat pemahaman Guru pada aspek Technological Pedagogical Knowledge pada PPG Dalam Jabatan Kategori 2 sebesar 48,00% dengan kategori sangat baik; (7) Tingkat pemahaman Guru pada aspek Technological Pedagogical Knowledge Technological pada PPG Dalam Jabatan Kategori 2 sebesar 49,28% dengan kategori sangat baik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Speech)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Mesin
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Amiruddin Amiruddin
Date Deposited: 25 Jul 2023 15:07
Last Modified: 25 Jul 2023 15:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33165

Actions (login required)

View Item View Item