ILOH SUDIARINI (2023) PENGARUH PENGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA SISWAKELAS TINGGI SD NEGERI 184 GIANYAR KECAMATAN TOMONI TIMUR KABUPATEN LUWU TIMUR.
Text
0. arini sampul.docx Download (62kB) |
|
Text
1. BAB I.docx Download (25kB) |
|
Text
2.BAB II.docx Download (79kB) |
|
Text
3.BAB III.docx Download (34kB) |
|
Text
6. DAFTAR PUSTAKA.docx Download (16kB) |
|
Text
12. Lampiran 6 daftar nilai hasil.docx Download (17kB) |
|
Text
13. Lampiran 7 Analisis Data.docx Download (20kB) |
|
Text
17. RIWAYAT HIDUP.docx Download (41kB) |
Abstract
Iloh Sudiarini, 2017. Pengaruh Pengunaan Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 184 Gianyar Kecamatan Tomoni Timur Kabupaten Luwu Timur. Skripsi. Dibimbing oleh Drs.Muslimin.,M.Ed. dan Nurhaedah, S.Pd., M.Pd. pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah penelitian ini, yaitu: (1) bagaimanakah gambaran penggunaan video pembelajaran terhadap hasil belajar IPA siswa kelas tinggi, (2) bagaimanakah gambaran hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol terhadap hasil belajar IPA siswa kelas tinggi, (3) apakah terdapat pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap hasil belajar IPA siswa kelas tinggi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran penggunaan video pembelajaran dan gambaran hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol, serta pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap hasil belajar Mata Pelajaran IPA pada Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 184 Gianyar Kecamatan Tomoni Timur Kabupaten Luwu Timur. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dan desain yang digunakan adalah Quasi Eksperimen bentuk Nonequivalent Control Group Design. Adapun populasi penelitian ini adalah siswa kelas tinggi SD Negeri 184 Gianyar Kecamatan Tomoni Timur Kabupaten Luwu Timur. Populasi pada penelitian ini yaitu kelas IV, V, VI dengan jumlah 128 Siswa dan teknik pengambilan sampel penelitian ini yaitu purposive sampling dengan jumlah 44 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan t-test dengan jenis uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan media video pembelajaran berlangsung secara efektif, keefektifan tersebut dibuktikan adanya peningkatan hasil pada proses pembelajaran. Terdapat pengaruh yang signifikan, penggunaan video pembelajaran terhadap hasil belajar IPA. Kesimpulan penelitian ini yaitu proses pembelajaran dengan menggunakan video pembelajaran berlangsung secara efektif dan terdapat pengaruh yang signifikan dengan kategori baik.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 03:19 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 03:19 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33153 |
Actions (login required)
View Item |