LILIS ANIAWATI. R (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE (CIRC) COOPERATIVE INTEGRATED READING and COMPOSITION DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN EMMY SAELAN KECEMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.
Text
print 1 sampul awal.docx Download (23kB) |
|
Text
print sampul lampiran dan motto.docx Download (23kB) |
|
Text
print DAFTAR ISI.docx Download (25kB) |
|
Text
print bab 1,2,3.docx Download (76kB) |
|
Text
print DAFTAR PUSTAKA.docx Download (16kB) |
|
Text
print Lampiran foto kegiatan penelitian.docx Download (1MB) |
|
Text
print LAMPIRANNNN.docx Download (11kB) |
|
Text
print unk penelitian.docx Download (195kB) |
|
Text
print RIWAYAT HIDUP.docx Download (33kB) |
Abstract
Lilis Aniawati. R. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SDN Emmy Saelan Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Bapak Hamzah Pagarra, S.Kom.,M.Pd dan Ibu Dr. Andi Nurochmah, M.Pd pada Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN Emmy Saelan Kecamatan Rappocini Kota Makassar masih rendah. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe (CIRC) Cooperative Integrated Reading and Composition dalam meningkatkan keterampilan berbicara Siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN Emmy Saelan Kecamatan Rappocini Kota Makassar? Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe (CIRC) Cooperative Integrated Reading and Composition dalam meningkatkan keterampilan berbicara Siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN Emmy Saelan Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus. Tiap siklus tiga kali pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Fokus penelitian yakni penerapam model cooperative integrated reading and composition (CIRC), keterampilan berbicara. Subjek penelitian yakni 1 orang guru dan 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni teknik dokumentasi, observasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif deskriptif dengan tahapan mereduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dan siswa pada siklus I masih menunjukkan kategori cukup dan siklus II meningkat dengan kategori baik . Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dari kategori kurang pada siklus I menjadi kategori baik pada siklus II. Kesimpulan penelitian: bahwa penerapan model kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN Emmy Saelan Kecamatan Rappocini Kota Makassar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 03:00 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 03:00 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33150 |
Actions (login required)
View Item |