PENGARUH TATA TERTIB TERTULIS TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA SD INPRES KAMPUSIKIP KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

SRI MEGAWATI NUR (2023) PENGARUH TATA TERTIB TERTULIS TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA SD INPRES KAMPUSIKIP KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul.docx

Download (868kB)
[img] Text
Skripsi.docx

Download (5MB)

Abstract

Sri Megawati Nur. 2017. Pengaruh Tata Tertib Tertulis Terhadap Kedisiplinan Siswa SD Inpres Kampus IKIP Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi dibimbing oleh Andi Dewi Riang Tati, S.Pd, M.Pd dan Drs. Mufa’adi, M.Si Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Skripsi ini mengkaji tentang Pengaruh Tata Tertib Tertulis Terhadap Kedisiplinan Siswa SD Inpres Kampus IKIP Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah perlunya pembuktian mengenai pemahaman tata tertib tertulis dalam pengembangan kedisiplinan siswa SD Inpres Kampus IKIP Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah pengaruh tata tertib tertulis terhadap kedisiplinan siswa SD Inpres Kampus IKIP Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tata tertib tertulis terhadap kedisiplinan siswa SD Inpres Kampus IKIP Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Kuantitatif dengan jenis penelitian Ex Post Facto. Adapun fokus penelitianterdiri dari tata tertib tertulis dan kedisiplinan siswa. Lokasi tempat meneliti adalah di Kota Makassar Kecamatan Rappocini tepatnya di SD Inpres Kampus IKIP. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Teknik analisis data adalah analisis statistik deskriptif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa banyak hal yang menjadi mengembangan kedisiplinan pada anak seperti mereka mampu mengatur dirinya dan bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri menjadi pribadi yang lebih baik di sekolah maupun di rumah mereka mampu mengontrol tingkah lakunya sehingga tugas-tugas di sekolah maupun di rumah dapat berjalan dengan optimal. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pengaruh tata tertib terulis terhadap kedisiplinan siswa siswa melalui aturan-aturan yang harus ditaati, pemberian penghargaan bagi mereka yang mampu menjadi contoh bagi siswa lainnya, memberikan hukuman mendidik sebagai alat pendorong kedisiplinan, serta konsisten dalam mengikuti kegiatan belajar di sekolah dan mengikuti kegiatan ekstrakulikuler.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Jul 2023 06:46
Last Modified: 21 Jul 2023 06:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33138

Actions (login required)

View Item View Item