PENERAPAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN (SBK) KELAS IV SD NEGERI PANNYIKKOKANG I KECAMATAN PANAKKUKANG KOTA MAKASSAR

SITTI AISYAH (2023) PENERAPAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN (SBK) KELAS IV SD NEGERI PANNYIKKOKANG I KECAMATAN PANAKKUKANG KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. SAMPUL.docx

Download (24kB)
[img] Text
2. PERNYATAAN KEASLIAN.doc

Download (647kB)
[img] Text
3. BAB 1 tutup.doc

Download (288kB)
[img] Text
3. BAB 2 tutup.doc

Download (142kB)
[img] Text
3. BAB 3 tutup.doc

Download (123kB)
[img] Text
4. Lampiran - tutup.doc

Download (19MB)

Abstract

Sitti Aisyah, 2017. Penerapan Model Pengajaran Langsung (Direct Instruction) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) Kelas IV SD Negeri Pannyikkokang I Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Hikmawati Usman, S.Pd,. M.Pd dan Sumarlin Mus, S.Pd., M.Pd. Program Studi Penddikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan Kelas IV SD Negeri Pannyikkokang I Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah Penerapan Model Pengajaran Langsung Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Bdaya dan Keterampilan Kelas IV SD Negeri Pannyikkokang I Kecamatan Panakkukang Kota Makassar ? Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan penerapan model pengajaran langsung (direct instruction) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) SD Negeri Pannyikkokang I Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas dengan alur kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian terdiri dari penerapan model pengajaran langsung (direct instruction) dan peningkatan hasil belajar SBK. Setting penelitian bertempat di SD Negeri Pannyikkokang I Kota Makassar dengan subjek penelitian terdiri dari guru bidang studi dan siswa kelas IV yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pengajaran langsung (direct instruction) meningkatkan aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran yang menyebabkan terjadinya peningkatan hasil belajar. Aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu berada pada kategori baik. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari skor hasil belajar siswa setiap siklus, yaitu pada siklus I berada pada kategori cukup dan belum tuntas, namun mengalami peningkatan pada siklus II yaitu berada pada kategori baik dan telah tuntas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pengajaran langsung (direct instruction) secara maksimal dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Pannyikkokang I kecamatan Panakkukang Kota Makassar pada mata pelajaran seni budaya dan keterampilan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Jul 2023 06:01
Last Modified: 21 Jul 2023 06:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33132

Actions (login required)

View Item View Item