PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALLTHROWING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD INPRES TIDUNG KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

NURHAFIZAH (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALLTHROWING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD INPRES TIDUNG KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL 1.docx

Download (24kB)
[img] Text
SAMPUL 2.docx

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (112kB)
[img] Text
LAMPIRAN 1.docx

Download (41kB)
[img] Text
LAMPIRAN 2.doc

Download (132kB)
[img] Text
LAMPIRAN 3.docx

Download (53kB)
[img] Text
daftar riwayat hidup.docx

Download (153kB)

Abstract

Nurhafizah, 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperativ Tipe Snowball Throwing Terhadap Keterampilan Berbicara pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Inpres Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Pembimbing I Dra. Hj. Rosdiah Salam, M.Pd. dan Pembimbing II Dra. St. Nursiah B, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V di SD Inpres Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini mempunyai rumusan masalah yaitu Bagaimana gambaran penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap keterampilan berbicara siswa, bagaimana keterampilan berbicara siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, apakah ada atau tidak pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap keterampilan berbicara pada mata pelajaran bahasa indonesia siswa kelas V SD Inpres Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap keterampilan berbicara pada siswa, mengetahui keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, mengetahui pengaruh keterampilan berbicara pada mata pelajaran bahasa indonesia siswa kelas V SD Inpres Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Experimen dan desain penelitian one-group pretest-posttest design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar yang berjumlah 25 orang siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu Sampling Jenuh. Teknik ini mempunyai ciri-ciri seperti penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Dalam penelitian ini terdapat 1 kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes keterampilan berbicara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Pada analisis statistik inferensial digunakan uji normalitas dan uji hipotesis. Pengujian hipotesis menggunakan Paired Simple t-Test. Bardasarkan hasil penelitian dapat dikatakan bahwa pada kelas V SD Inpres Tidung keterampilan berbicara siswa lebih besar, sehingga dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing memberikan pengaruh yang positif terhadap keterampilan berbicara siswa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Jul 2023 02:54
Last Modified: 21 Jul 2023 02:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33126

Actions (login required)

View Item View Item