PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SDN GUNUNG SARI I KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

ANDI NURUL HIKMAH (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SDN GUNUNG SARI I KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul kedua andi yuyun.docx

Download (990kB)
[img] Text
file asli skripsi terbaru andi yuyun acc.docx

Download (3MB)

Abstract

Andi Nurul Hikmah. 2017. Penerapan model pembelajaran open ended untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Hamzah Pagarra, S.Kom, M.Pd dan Dr. Latang,. M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS. Rumusan masalah adalah Bagaimanakah penerapan model pembelajaran open ended untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran open ended dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan pembelajaran open ended dan hasil belajar siswa. Setting penelitian ini bertempat di kelas IV SDN Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar dengan subyek penelitian sebanyak 1 guru dan 23 siswa diantaranya 13 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Pelaksanaan kegiatan ini, peneliti bertindak sebagai pengajar atau guru serta memberikan petunjuk kepada siswa yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran dan peneliti bertindak sebagai observer. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskripitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa segi hasil pada siklus I hasil belajar siswa berada pada kategori tuntas dan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan berada pada kategori tidak tuntas. Kesimpulannya adalah bahwa dengan menerapan model pembelajaran open ended dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Jul 2023 01:34
Last Modified: 21 Jul 2023 01:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33118

Actions (login required)

View Item View Item