PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI BARA-BARAYA 3 KOTA MAKASSAR

SRI RAHMADANI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI BARA-BARAYA 3 KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Halaman sampul kedua sri rahmandani revisi.rtf

Download (25MB)
[img] Text
file asli skripsi terbaru sri rahmandani.docx

Download (945kB)

Abstract

Sri Rahmadani. 2017. Penerapan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri Bara-Baraya 3 Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Muhammad Irfan, S.Pd,. M.Pd dan Drs. Lutfi B, M.Kes Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri Bara-Baraya 3 Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri Bara-Baraya 3 Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan Model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini, peneliti bertindak sebagai observer dan guru bertindak sebagai pengajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dalam analisis data dengan (a) reduksi data; (b) penyajian data; (c) penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi guru pada siklus I berada pada kategori cukup dan siklus II berada pada kategori baik. Sedangkan hasil observasi siswa pada siklus I berada pada kategori kurang dan siklus II berada pada kategori baik. Hal ini sejalan dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan ketuntasan belajar siklus I berada pada kategori tidak tuntas, sedangkan siklus II berada pada kategori tuntas. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri Bara-Baraya 3 Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Jul 2023 01:05
Last Modified: 21 Jul 2023 01:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33115

Actions (login required)

View Item View Item