Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Role Playing untuk meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn Kelas V SD Inpres Karunrung Makassar Kota Makassar

SYAMSUL ALAM J (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Role Playing untuk meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn Kelas V SD Inpres Karunrung Makassar Kota Makassar.

[img] Text
Artikel Syamsul Alam Juli.pdf

Download (468kB)

Abstract

SYAMSUL ALAM J., 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Role Playing untuk meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn Kelas V SD Inpres Karunrung Makassar Kota Makassar. Skripsi dibimbing oleh Pembimbing I Dra. Nurhaedah A. M.Si. dan Pembimbing II Hamzah Pagarra, S.Kom., M.Pd. Pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian adalah rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Role Playing untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V SD Inpres Karunrung Makassar Kota Makassar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Role Playing dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V SD Inpres Karunrung Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian yaitu tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan dengan subjek penelitian adalah satu orang guru dan 25 siswa yang terdiri dari 12 laki-laki dan 13 perempuan kelas V SD Inpres Karunrung Makassar Kota Makassar. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Role Playing dan minat belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi minat belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup, pada siklus I ketuntasan minat belum tercapai dengan maksimal. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan berada pada kategori sangat baik, sehingga ketuntasan minat belajar telah berhasil dan dapat tercapai secara klasikal. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran koperatif tipe Role Playing dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V SD Inpres Karunrung Makassar Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jul 2023 07:34
Last Modified: 20 Jul 2023 07:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33112

Actions (login required)

View Item View Item