Pengaruh Penerapan Model Learning Start With a Questions (LSQ) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD 434 Kalimbubu Kecamatan Bajo Kabupaten Luwu

Zulfinar Supriadi (2023) Pengaruh Penerapan Model Learning Start With a Questions (LSQ) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD 434 Kalimbubu Kecamatan Bajo Kabupaten Luwu.

[img] Text
ARTIKEL_ZULFINAR SUPRIADI_UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.pdf

Download (538kB)

Abstract

Zulfinar Supriadi,2021. Pengaruh Penerapan Model Learning Start With a Questions (LSQ) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD 434 Kalimbubu Kecamatan Bajo Kabupaten Luwu.Skripsi.Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar,Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Rosdiah Salam dan Syamsiah D) Penelitian ini merupakan penelitian jenis quasi eksperimen yang bertujuan 1) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Learning Start With A Questions (LSQ) pada pembelajaran membaca pemahaman siswa, 2) untuk mengetahui hasil kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD 434 Kalimbubu dan 3) untuk mengetahui apa ada pengaruh model Learning Start With a Questions (LSQ) pada kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD 434 Kalimbubu Kecamatan Bajo Kabupaten Luwu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD 434 Kalimbubu sedangkan sampel yang digunakan berdasarkan tehnik purposive sampling dan ditetapkan bahwa kelas kontrol yaitu kelas IV B sebanyak 10 siswa dan kelas IV A sebagai kelas eksperimen sebanyak 10 siswa. Sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan membaca pemahaman siswa. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes kemampuan membaca pemahaman berupa pre-test dan post-test. Hasil analisis statistika inferensial diperoleh nilai sebesar 0.005 lebih kecil dari Sig < 0.05. dan berdasarkan dari Uji t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dapat dilihat bahwa Sig (2-tailed) diperoleh hasil 0.884 pada pre-test kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan pada post-test kelas ekperimen dan kelas kontrol diperoleh hasil 0.000 yang menunjukkan adanya perbedaan hasil post-test dari kedua kelas. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Learning start With a Questions terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD 434 Kalimbubu Kecamatan Bajo Kabupaten Luwu

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jul 2023 07:28
Last Modified: 20 Jul 2023 07:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33111

Actions (login required)

View Item View Item