Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas III SD di Kecamatan Mariso Kota Makassar

Andyni Ismiyanti (2023) Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas III SD di Kecamatan Mariso Kota Makassar.

[img] Text
ARTIKEL_ANDYNI ISMIYANTI_UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.pdf

Download (472kB)

Abstract

Andyni Ismiyanti, 2021. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas III SD di Kecamatan Mariso Kota Makassar, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. (Dibimbing: Prof Dr.H. Patta Bundu, M. Ed, dan Dra. Hj. Amrah, S.Pd., M. Pd). Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas III SD di Kecamatan mariso Kota Makassar. Variabel X1 dalam penelitian ini adalah Pola Asuh Orang Tua sedangkan variabel X2 yaitu Minat Belajar dan variabel Y yaitu Prestasi Belajar. Jumlah populasi 280 dalam penelitian ini adalah sekolah yang ada di kecamatan mariso Kota Makassar pada tahun pelajaran 2020-2021 berjumlah 4 sekolah yang diteliti. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 165 siswa dengan menggunakan teknik proportional random sampling, data hasil penelitian diperoleh melalui angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Pola Asuh Orang Tua dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas III SD di Kecamatan Mariso Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jul 2023 06:48
Last Modified: 20 Jul 2023 06:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33110

Actions (login required)

View Item View Item