PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS V SD ISLAM COKROAMINOTO II KECAMATAN TALLO KOTA MAKASSAR

RISMAWATI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS V SD ISLAM COKROAMINOTO II KECAMATAN TALLO KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1.SAMPUL-Lampiran.docx

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB I-Riwayat Hidup.docx

Download (4MB)

Abstract

Rismawati, 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas V SD Islam Cokroaminoto II Kecamatan Tallo Kota Makassar. Dibimbing oleh: Dra. Syamsiah D, S.Pd, M.Pd pembimbing I dan Dr. Suarlin, M.Si pembimbing II. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya kemampuan mambaca pemahaman siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas V SD Islam Cokroaminoto II Kecamatan Tallo Kota Makassar. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman?. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman?. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersiklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan kemampuan membaca pemahaman. Subjek penelitiannya adalah guru dan siswa kelas V dengan 1 guru dan 20 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini yaitu dari segi pembelajaran apabila terjadi peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa terhadap bahan ajar setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran diperoleh hasil observasi aktivitas guru pada siklus 1 berada pada kategori cukup (C), pada siklus II berapa pada kategori baik (B). sedangkan hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup (C), pada siklus II berada pada kategori baik (B). Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa yang dilihat dari rata-rata siswa pada siklus 1 berada pada kategori cukup (C) dan siklus II berada pada kategori baik (B). kesimpulan pada penelitian ini adalah dengan merapkan model pembelajara kooperatif tipe TGT dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Islam Cokroaminoto II Kecamatan Tallo Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jul 2023 06:48
Last Modified: 20 Jul 2023 06:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33109

Actions (login required)

View Item View Item