Hubungan Peran Orang Tua Dengan Kemampuan Membaca Siswa Kelas II Sekolah Dasar

FAHMI KAMIL SEHAYA (2023) Hubungan Peran Orang Tua Dengan Kemampuan Membaca Siswa Kelas II Sekolah Dasar.

[img] Text
ARTIKEL_FAHMI KAMIL SEHAYA_UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.pdf

Download (595kB)

Abstract

FAHMI KAMIL SEHAYA, 2021. Hubungan Peran Orang Tua Dengan Kemampuan Membaca Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Rosdiah Salam dan Syamsiah ) Penelitian ini adalah penelitian non eksperimen.Masalah penelitian ini adalah Kemampuan membaca siswa kurang dan salah satunya disebabkan oleh kurangnya peran orang tua. Tujuan penilitian adalah untuk mengetahui peranan orang tua membimbing anak, untuk mengetahui kemampuan membaca Siswa serta apakah ada hubungan peranan orang tua pada kemampuan membaca Siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional. Variabel bebas dalam penenilitan ini adalah peran orang tua (independent) sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan membaca siswa(dependent) populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas rendah SD Negeri 55 Otting Kecamatan Tellusiattinge Kabupaten Bone sebanyak 3 kelas. Sedangkan sampelnya adalah kelas II SD Negeri 55 Otting Kecamatan Tellusiattinge Kabupaten Bone dengan jumlah siswa 20 orang . Dengan Menggunakan teknik Purposive sampling. Dengan menggunakan desain penelitian causal. Data hasil penelitian ini diperoleh dari pembagian angket ke orang tua siswa dan hasil dari tes kemampuan membaca siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah angket dan tes membaca. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan teknik statistik inferensial. Berdasarkan statistik deskriptif dengan statistik inferensial dilakukan dengan tiga cara, pertama uji normalitas, uji linearitas dan uji product moment. Beradasarkan hasil uji hipotesis dapat diketahui bahwa hubungan peran tua dengan kemampuan membaca siswa diperoleh rhitung sebesar 0,580 sedangkan nilai rtabel sebesar 0,444 dengan signfikan sebesar 0,007. Oleh karena itu nilai rhitung lebih besar dari rtabel dan nilai signifikan lebih kecil dari 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara peran orang tua dengan kemampuan membaca siswa dengan tingkat hubungan sedang. Sedangkan peran orang tua siswa pada kategori baik dan hasil kemampuan membaca siswa berada pada kategori baik.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jul 2023 06:34
Last Modified: 20 Jul 2023 06:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33108

Actions (login required)

View Item View Item