Pengaruh Penggunaan Media Video Interaktif pada Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Reski Nurul (2023) Pengaruh Penggunaan Media Video Interaktif pada Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.

[img] Text
Artikel_Reski Nurul Fajria_Universitas Negeri Makassar.pdf

Download (398kB)

Abstract

Reski Nurul, 2021. Pengaruh Penggunaan Media Video Interaktif pada Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh Patta Bundu dan Bhakti Prima Findiga Hermuttaqien). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas IV UPT SD Negeri 2 Rappang. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video interaktif pada pembelajaran daring terhadap hasil belajar IPA Siswa kelas IV UPT SD Negeri 2 Rappang. Variabel penelitian terdiri atas dua, yaitu variabel bebas mencakup media video interaktif dan variabel terikat mencakup hasil belajar IPA siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan desain bentuk Pretest- Posttest Control Group Design, dengan tahap pretest, treatment, dan post test. Adapun populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV UPT SD Negeri 2 Rappang Kecamatan Panca Rijang Kabupaten Sidrap. Sampel pada penelitian ini adalah kelas IV B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 21 siswa dan IV A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan melakukan pengujian hipotesis menggunakan t-test dengan jenis independent sample t-test. Berdasarkan data hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media video interaktif dapat dikategorikan sangat efektif. Penelitianini menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media video interaktif terhadap hasil belajar IPA siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah media video interaktif memberikan pengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV UPT SD Negeri 2 Rappang Kabupaten Sidrap.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jul 2023 06:25
Last Modified: 20 Jul 2023 06:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33106

Actions (login required)

View Item View Item