Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dalam Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Siswa SD Negeri No.178 Inpres Lamangkia Kabupaten Takalar

Kurniati S (2023) Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dalam Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Siswa SD Negeri No.178 Inpres Lamangkia Kabupaten Takalar.

[img] Text
ARTIKEL_PGSD_1747042020_KURNIATI S._ Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dalam Keluarga Terhadap Prestas.pdf

Download (820kB)

Abstract

Kurniati S., 2021, Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dalam Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Siswa SD Negeri No.178 Inpres Lamangkia Kabupaten Takalar. Skripsi ini dibimbing oleh Pembimbing I Drs. Lutfi B,M.Kes dan Pembimbing II Drs. Nasaruddin, S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Kurangnya perhatian dan pengawasan orang tua kepada anak akan memberikan pengaruh kepada perkembangan dan prestasi belajar anak. Pola asuh orang tua adalah interaksi antara orang tua dan anak, orang tua memberikan kebutuhan fisik dan non fisik. Pola asuh yang tepat akan mendukung anak untuk mencapai prestasi belajar yang maksimal. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana pengaruh pola asuh orang tua dalam keluarga terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran IPS siswa SD Negeri No.178 Inpres Lamangkia Kabupaten Takalar. Pada Rumusan Masalah: (1) Bagaimanakah gambaran pola asuh orangtua dalam keluarga terhadap prestasi belajar Siswa SD Negeri No. 178 Inpres Lamangkia Kabupaten Takalar? (2) Bagaimanakah gambaran prestasi belajar IPS Siswa SD Negeri No. 178 Inpres Lamangkia Kabupaten Takalar? (3) Apakah ada pengaruh pola asuh orangtua dalam keluarga terhadap Prestasi belajar IPS Siswa SD Negeri No. 178 Inpres Lamangkia Kabupaten Takalar?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Gambaran pola asuh orangtua dalam keluarga terhadap prestasi belajar Siswa SD Negeri No. 178 Inpres Lamangkia Kabupaten Takalar. (2) Gambaran prestasi belajar IPS Siswa SD Negeri No. 178 Inpres Lamangkia Kabupaten Takalar. (3) Ada atau tidaknya pengaruh pola asuh orangtua dalam keluarga terhadap Prestasi belajar IPS Siswa SD Negeri No. 178 Inpres Lamangkia Kabupaten Takalar. Penelitian ini menggunakan Pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III,IV dan V. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas III,IV,V dengan menggunakan teknik Non Probability Sampling dengan teknik sampling jenuh. Taknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner (Angket). Teknik analisis data hasil penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa artinya ada pengaruh yang signifikan antara Pola asuh orang tua dalam keluarga terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran IPS siswa SD Negeri No. 178 Inpres Lamangkia Kabupaten Takalar. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial uji hipotesis diperoleh nilai Thitung > Ttabel atau Sig ≤ a.. Maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran IPS siswa SD Negeri No. 178 Inpres Lamangkia Kabupaten Takalar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jul 2023 06:19
Last Modified: 20 Jul 2023 06:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33105

Actions (login required)

View Item View Item