Article #33103

Mayang Sari (2023) UNSPECIFIED

[img] Text
Artikel-Mayang sari_Universitas Negeri Makassar.pdf

Download (383kB)

Abstract

Mayang Sari, 2021. Penerapan Model Pembelajaran CIRC Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V B SDI 122 Tamanroya Kabupaten Jeneponto. Skripsi. Jurusan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Hj. Nurhaedah, S. Pd., M. Hum dan Hamzah Pagarra S. Kom., M. Pd) Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran CIRC dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDI 122 Tamanroya Kabupaten Jeneponto. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian adalah penerapan model pembelajaran CIRC dan kemampuan membaca pemahaman siswa. Adapun yang menjadi subyek penelitian adalah guru dan seluruh siswa kelas V SDI 122 Tamanroya Kabupate Jeneponto yang berjumlah 22 orang pada semester genap tahun ajaran 2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pada siklus I yaitu berada pada kategori Cukup dan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu berada pada kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran CIRC dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDI 122 Tamanroya Kabupaten Jeneponto.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jul 2023 06:14
Last Modified: 20 Jul 2023 06:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33103

Actions (login required)

View Item View Item